Ini Sejumlah Harapan Bonita (Guru SMK NU 01 Kendal) Juara Nasional Olahraga Rekreasi Kepada Para Pelajar Kendal


[Kategori : PRESTASI]. [Postdate : 2022-10-31 07:32:59].

Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Periwisata (Disporapar) Kendal menggelar Festival Olahraga Tradisional yang dilaksanakan di Pantai Sendang Sikucing, Rowosari dan resmi berakhir pada Minggu (30/10/2022).  Lomba yang dilaksanakan selama 2 hari ini sejak Sabtu-Minggu (29-30/10/2022) mempertandingkan empat cabang olahraga tradisional. Yakni terompah panjang beregu, gebuk bantal di atas air, tarik tambang dan jalan balok.

Olahraga yang melibatkan 300 peserta dari 35 sekolah di tigkat SD, SMP hingga SMA/SMK sederajat tersebut juga dihadiri atlet olahraga rekreasi yang memenangkan ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) 2022 di Palembang, bulan Juli lalu.
Bonita Pratiwi yang (guru olahraga SMK NU 01 Kendal) adalah atlet olahraga rekreasi asal Kendal mewakili Jawa Tengah, ia berhasil menjadi juara di cabang olahraga tradisional “gebuk bantal”. Ia menceritakan, untuk menjadi juara gebuk bantal tidaklah mudah. Dirinya di ajang tersebut harus melewati empat pertandingan.
“Yang pertama melawan kontingen Lampung, kemudian melawan kontingen Sulawesi, kemudian lawan Jawa Timur, dan di final juga lawan Jawa Timur. Lawan Jawa Timur dua kali saya menang, akhirnya juara,”
Bonita pun mengungkapkan, dalam peraturan gebuk bantal di Fornas peraturannya banyak dan cukup ketat. “Di gebuk bantal tingkat nasional, kaki peserta tidak boleh menjepit bambu dan juga tangan dilarang memegang bambu. Kemudian kalau menyerang bagian kepala, atau kalau bantal jatuh dua kali dinyatakan diskualifikasi. Sasarannya hanya di bagian perut ke bawah,” ungkapnya.
Bonita menjelaskan, dalam ajang Fornas, perwakilan dari Jawa Tengah dari Kendal juga menyabet urutan ketiga di cabang tarik tambang. “Kami berharap, di Kabupaten Kendal olahraga tradisional ini lebih digalakkan dan disosialisasikan di sekolah-sekolah. Seperti kegiatan Festival Olahraga Tradisional tingkat kabupaten ini, sangat bagus untuk mencetak atlet olahraga rekreasi dari Kabupaten Kendal,” jelasnya.
Sementara, Pelaksana Festival, Wahyu Widayanto mengatakan, festival olahraga tradisional digelar dalam rangka mencari bibit-bibit unggul atlet olahraga tradisional dari Kendal. “Harapannya, dengan digiatkannya festival olahraga tradisional ini, dari sekolah-sekolah nantinya bisa menyiapkan atlet untuk ikut kejuaraan tingkat provinsi dan nasional,” ujar Wiwid
Setelah Fornas usai, Bonita menambahkan untuk SMK NU 01 Kendal sendiri juga meraup Juara Festival Olahraga Tradisional Kabupaten Kendal diantaranya :
1. Juara 1 Terompah Panjang Putri Festival Olahraga Tradisional Kabupaten Kendal
2. Juara 2 Tarik Tambang Putri Festival Olahraga Tradisional Kabupaten Kendal
3. Juara 2  Bantal Putri Festival Olahraga Tradisional Kabupaten Kendal

penulis : Nur Fadhul Ma'arif

CARI




KATEGORI