KEGIATAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI SMK PK SMK NU 01 KENDAL


[Kategori : BERITA]. [Postdate : 2021-12-06 10:19:06].

        SMK NU 01 Kendal kedatangan tamu dari BBMPV BOE Malang yang merupakan serangkaian kegiatan SMK PK yaitu Pendampingan Implementasi Pembelajaran selama dua hari. Petugas yang mendampingi dari BBMPV BOE Malang adalah Bapak Hartiyono, S.T, M.T.

Kegiatan pendampingan tersebut terdiri dari Evaluasi KOS, evaluasi modul ajar, evaluasi Perencanaan Projek Pengutan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja ( P5BK) dan evaluasi TP-ATP.

         Kegiatan pendampingan dilaksanakan selama dua hari, mulai hari Kamis tanggal 18 November 2021 dan hari Jumat tanggal 19 November 2021. Peserta kegiatan pendampingan ini adalah Bapak / Ibu guru Komite pembelajaran dan Bapak / Ibu Kelas X yang mewakili mapel tertentu dengan jumlah seluruh peserta sebanyak 30 peserta. Tujuan dari pendampingan ini adalah Peserta mampu menyusun perencanaan KOS, Modul Ajar, Projek Penguataan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK), dan Tujuan Pembelajaran (TP)-Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang memuat berbagai rencana proses belajar sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran sesuai dengan karaktertistik peserta didik kelas X.

         Kegiatan pendampingan implementasi pembelajaran hari pertama di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Yalal waton kemudian sambutan-sambutan dari Bapak Kepala SMK NU 01 Kendal (Bpk. Mokh. Izudin, M.Pd) dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Ketua TPMNU Al-Hidayah Kendal (Bapak Bpk. Drs. Soenari Sofyan,M.Pd ) kemudian sambutan Bapak pengawas SMK NU 01 Kendal (Bapak Bpk. Langgeng Budiharso, M.Si). Setelah itu, kegiatan pendampingan Implementasi pembelajaran pada hari pertama dilanjutkan dengan pemaparan perencanaan P5Bk yang disampaikan oleh Bu Sri Yuliana, S.E yang mendapat apresiasi dari Bapak Hartiyono selaku pendamping karena sudah adanya proyek yang melibatkan beberapa guru mapel. Pemaparan yang kedua adalah pemaparan modul ajar yang disampaikan oleh Ibu Wahida Afifatul Karimah, S.Pd yang merupakan guru Mapel bahasa Jawa dan Bapak M. Chambali, S.T mewakili guru mapel DPK Teknik Otomotif yang mendapat masukan dari Bapak Hartiyono selaku pendamping agar adanya kolaborasi antar mapel dengan tema yang sama sehingga pembelajaran akan lebih bermakna pada peserta didik. Pemaparan berikutnya adalah pemaparan TP-ATP yang disampaikan oleh Ibu Diyah Nusantarawati, S.Pd yang juga mendapat masukan dari Bapak Hartiyono, alangkah baiknya jika ada kolaborasi antara mapel PKn dan PAI pada materi norma. Pemaparan berikutnya adalah pemaparan Kurikulum Operasional Sekolah yang disampaiakn oleh Ibu Dewi Fajarina M., S.Pd selaku Waka Kurikulum yang menurut Pak Hartiyono sudah lengkap dan runtut.

         Modul ajar, Perencanaan P5BK, TP-ATP dan Kurikulum Operasional pada dasarnya semua sudah memenuhi proses penyusunan dan komponen dokumen yang terdapat pada instrumen modul ajar, perencanaan P5BK, TP-ATP, dan Kurikulum Operasional Sekolah. SMK NU 01 Kendal telah memenuhi standar SMK PK. Hal ini Nampak pada kolaborasi antara mapel PKK dan mapel IPAS dalam pembuatan Semir Ban Kendaraan yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan cuci motor dan mobil pada UP Teknik Otomotif dan dapat melatih kewirausahaan peserta didik.

         Kegiatan pendampingan implementasi pembelajaran pada hari kedua adalah review dari modul ajar, perencanaan P5BK, TP-ATP dan Kurikulum operasional sekolah yang sudah dipaparkan dan diperiksa kesesuain dokumen dengan instrument yang ada maka dapat disimpulkan bahwa guru SMK NU 01 Kendal mampu menyusun perencanaan KOS, Modul Ajar, Projek Penguataan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK), dan Tujuan Pembelajaran (TP)-Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang memuat berbagai rencana proses belajar sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran sesuai dengan karaktertistik peserta didik kelas X. Perbaikan kedepannya adalah semakin banyaknya mapel yang berkolaborasi pada tema tertentu sehingga dapat memberikan pembelajaran yang lebih “bermakna” kepada peserta didik. Diharapkan SMK NU 01 Kendal dapat menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan Program Keahliannya masing-masing dan mampu menhgadapi tantangan zaman karena peserta didik terbiasa membuat proyek yang akan melatih ketrampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi dan kreatif.

CARI




KATEGORI